Thunderstrom dan Penerbangan


Beberapa hal mengenai THUNDERSTROM :

a. Thunderstrom (TS) terjadi hanya pada awan-awan Cumulonimbus(CB) pada tingkat dewasa / fase masak (Mature Stage). 

b. Thunderstrom semakin aktif bila udara basah dan labil mencapai ketinggian yang cukup tinggi.

c. Thunderstrom perlu diketahui sedini mungkin untuk menghindar / mengurangi bahaya yang ditimbulkannya terutama dalam bidang penerbangan yaitu antara lain: kerusakan pada alat-alat elektronik, alat tehnik dan sebagainya. 

Slide 12
Beberapa saran mungkin dapat dipergunakan sebagai berikut : 
a. Manfaatkanlah semaksimal mungkin jasa Meteorologi dalam setiap penerbangan demi kenyamanan, keamanan, dan efisiensi penerbangan. 

b. Mintalah briefing cuaca dari forecaster di Stamet-stamet, sebelum membuat Flight Plan. Setelah itu jelaskan keputusan anda, kemana, lewat jalur mana, singgah dimana saja, ETD dari pangkalan pemberangkatan serta ETA dan ETD pada setiap pangkalan yang akan didarati, hal ini penting diketahui oleh Forecaster karena cuaca itu berkembang menurut waktu dan tempat. Dan mintalah juga saran serta alternatifnya.

c.Jangan mengharapkan Weather Forecast harus selalu 100% benar, karena probabilitynya memang hanya 60 -100%.
 

Slide 12

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Ps Frens komentarmu sangat berarti bagi kemajuan dan keselamatan Penerbangan Indonesia."shArE aND think IT diFFerent"

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More