PT DI Buat Kerangka Helikopter Mutahir Eurocopter

BANDUNG (Pos Kota) – PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan Eurocopter Perancis meresmikan pembuatan rangka (airframe) helikopter mutakhir EC 725 / EC 225. Peresmian ditandai dengan penyerahan “rivet gun” dari Dirut PT DI, Budi Santoso dan VP Airframe Eurocopter, Andreas Stoeckle kepada dua karyawan PT DI Rabu (27/1) di hangar PT DI, Bandung.

Dirut PT DI, Budi Santoso dan VP Airframe Eurocopter, Andreas Stoeckle  mengatakan, kerjasama pembuatan rangka helikopter ini sebagai tindak lanjut dari kerjasama yang ditandatangani kedua perusahaan ini tahun 2008.

Menurut Budi Santoso, pihaknya mendapat kontrak membuat 125 unit rangka helikopter,  masing-masing bagian ekor (tailboom) dan bagian badan (fuselage). Kedua bagian itu merupakan bagian terbesar (lebih dari 50 persen) dari rangka helicopter. Sementara bagian lain, yakni mesin dan kock pit dikerjakan oleh Airframe Eurocopter. Rangka yang dibuat PT DI merupakan struktur utama pesawat terbang.

Dalam perjanjian, kata Budi, 125 unit rangka helikopter ini harus selesai tahun 2020. Sebagai tahap pertama PT DI harus menyerahkan rangka ini Oktober 2010, selanjutny dikirim ke Airframe Eurocopter untuk dirakit dengan komponen lain yang dibuat Eurocopter, Perancis.

Andreas Stoeckle dalam penjelasannya menyebutkan, helikopter EC 725 / EC 225, merupakan pengembangnan dari helikopter Super Puma yang pernah merajai pasar dunia. Dengan dibuatnya  “tailboom” dan “fuselage” di PT DI, berarti Eurocopter menjadikan PT DI sebagai pemasok utama komponen, karena kedua komponen tersebut merupakan bagian terbesar, lebih dari 50 persen dari pembangunan fisik pesawat, terdiri dari 4.000 komponen dasar dan 500 pekerjaan sub assembly untuk merakit komponen utama. (chevy/B).

1 comments:

teruslah berkarya sampai negara kita bisa mandiri,...setuju???????

Post a Comment

Terima Kasih Ps Frens komentarmu sangat berarti bagi kemajuan dan keselamatan Penerbangan Indonesia."shArE aND think IT diFFerent"

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More