TIPS SUKSES PSIKOTES SELEKSI TNI

Tes Logika Aritmatika

Tes ini terdiri atas deret angka, yang diukur adalah kemampuan analisa dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut.

Tips Rahasia:
1.         Jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 3-4 angka terdepan dalam deret, namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat.
2.         Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.
3.         Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur.
 Contoh:
- 16 8 4 2 1 1/2 … …
- 45 15 18 6 9 3 … …

Tes Logika Penalaran

Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi, yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemampuan anda dalam memahami pola- pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola tersebut.

Tips Rahasia :
Konsetrasi, hati-hati dan teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama.



Analog Verbal Test

Tes ini terdiri atas soal soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata, yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan logika anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahami sebab-akibat suatu permasalahan.
Contoh:
- wanita : kebaya = pria :
   a. sepatu b. baju c. topi d. jas (jawaban d)
- kubus : pyramid = empat persegi :
  a. peti b. mesir c. pentagon d. segitiga (jawaban d)

Kraeplien/Pauli (Hitung Koran)

Tes ini terdiri atas gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur-lajur. Peserta seleksi diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan disampingnya. Tes ini mengukur kemampuan diri dalam konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Tips Rahasia :
1.         Jangan sekalipun menggunakan pensil mekanis dalam tes ini melainkan pensil biasa atau pulpen saja, karena tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanis membutuhkan di-reload ketika ujung granitnya habis, mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar 0.5-1 detik. Apabila anda melakukan reload dalam 10 lajur berarti anda telah kehilangan waktu 5-10 detik.
2.         Usahakan angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil sehingga hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan anda memaksakan diri di awal tes namun tergopoh-gopoh di pertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri anda untuk menghemat tenaga.
3.         Jangan sekalipun melakukan cheating terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan anda sendiri karena justru untuk cheating anda akan membutuhkan waktu sekian detik untuk memutuskan dan itu berarti justru membuang waktu dan membuat grafik penjumlahan anda tidak alami/wajar.
4.         Hal yang paling penting dari keseluruhan tes kraeplein adalah konsentrasi. Terkadang anda akan merasa blank (kosong) pada pertengahan tes, namun anda harus bangkit dan fokus kembali pada tes. Untuk itu kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan sarapan dahulu sebelum berangkat karena tes jenis ini sangat menyedot energi anda.

Wartegg Test

Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, 2 garis saling memotong, 2 garis terpisah, 7 buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. Tes ini bertujuan untuk mengetahui emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek.

Tips Rahasia:
Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 ini berarti sifat Anda adalah orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 tipe Anda adalah orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the law‘.

Draw A Man Test (DAM)

Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar seseorang, untuk kemudian dideskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui peserta dari segi tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

Tips Rahasia:
1.         Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detail muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga.
 2.        Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya petani sedang membawa cangkul, eksekutif muda sedang menenteng koper dan lainnya.

Army Alpha Intelegence Test

Tes ini terdiri atas 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk. Satu soal kadang-kadang terkait dengan soal sebelumnya. Tes ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan daya tangkap Anda dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat.

Tips Rahasia :
Konsentrasikan pikiran sepenuhnya kepada apa yang dikatakan panitiaada pernyataan ulangan serta waktu yang diberikan sangat terbatas. Oleh karena itu bersikaplah sabar, jangan terburu-buru untuk menjawab, sebelum panitia selesai memberikan instruksi.

Contoh:
Panitia mendiktekan soal sebagai berikut : “Coretlah angka ganjil dalam kotak dan coretlah angka genap yang berhuruf dalam lingkaran, kerjakan!” dan pada lembar
jawaban akan diberikan gambar sebagai berikut:

Menggambar Pohon

Tes ini mewajibkan peserta untuk menggambar pohon dengan kriteria sebagai berikut: berkambium (dikotil), bercabang dan berbuah. Sehingga Anda tidak diperbolehkan menggambar pohon diluar kriteria di atas seperti bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monokotil lainnya.

Tipsnya :
1.         Pada setiap tes menggambar pohon yang pernah penulis lalui , pohon yang digambar adalah pohon nangka. Karena pohon tersebut memenuhi kriteria seperti tanaman dicotyl / berkambium, bercabang dan berbuah.
2.         Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detail dan rinci setiap komponen dari bagian-bagian pohon seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon.
3.         Agara hasil tes ini lebih maksimal, berusahalah untuk memotret pohon tersebut kemudian pelajari karakter jenis pohonnya, terakhir latihlah kemampuan menggambar anda dengan mengacu pada potret pohon tersebut tersebut.

Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Tes ini terdiri atas pilihan-pilhan jawaban yang paling mencerminkan diri dan pribadi anda. Tes ini  dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang dalalm kehidupannya.

Tips Rahasia:
1.         Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomor-nomor berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan diri.
2.         Secara keseluruhan, tes jenis EPPS ini memang paling sulit untuk disiasati, namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang dapat disiasati untuk disesuaikan dengan proses seleksi menjadi prajurit TNI.
3.         Karena sulitnya proses menyiasati tes ini, jalan paling praktis adalah memperbaiki diri (self improvement) anda dalam segala hal.

Contoh Soalnya:
1.         - A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi
            - B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki
2.         - A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain
            - B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajiban-kewajiban




PERSIAPAN PSIKOTES

Learning By Doing

Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru yang paling baik. Oleh karena itu lakukan perbaikan-perbaikan secara continue baik tingkah laku maupun kemampuan anda, di setiap jenis psikotes yang akan dihadapi. Misalnya : memperbaiki kemampuan diri terhadap kesalahan/kesulitan yang dihadapi pada psikotes sebelumnya, membaca kembali materi-materi psikotes secara keseluruhan sehari sebelum menghadapi psikotes dan mempersiapkan kondisi fisik sebaik-baiknya agar pada pelaksanaan psikotes kondisi tubuh dalam prima sehingga pelaksanaan psikotes bukan merupakan momok yang bagi anda.

Jangan Begadang


Pastikan sehari sebelum tes Anda beristirahat dengan cukup karena jika kita kurang tidur maka tingkat konsentrasi kita akan menurun drastis. Disamping itu rasa kantuk akan  menganggu pelaksanaan psikotes.Jadi jangan begadang saat akan menghadapi tes.

 

Bersikap Wajar Saja


Anda tidak perlu belajar layaknya menghadapi ujian nasional atau semacamnya, karena psikotes bukan ujian yang harus mendapatkan nilai bagus. Psikotes digunakan sebagai referensi untuk menilai apakah peserta memiliki kondisi kejiwaan yang memadai dan memang pantas diterima dan lolos ke tahap seleksi selanjutnya.

 

Disiplin Waktu


Usahakan untuk datang dilokasi tempat pelaksanaan psikotes lebih awal paling tidak 15 menit sebelum dimulai, supaya Anda bisa melakukan berbagai persiapan lainnya. Selain itu apabila Anda terlambat maka akan menjadi nilai negatif bagi Anda.


Kontrol Makanan/Minuman sebelum Tes


Usahakan makan secukupnya di pagi hari karena psikotes berjalan cukup panjang dan biasanya akan ada sesi istirahat dimana Anda bisa makan/minum jika diperlukan. Tentunya Anda tidak mau apabila tiba-tiba ditengah mengerjakan soal psikotes terganggu gara-gara perut bermasalah.

 

Duduklah dengan Nyaman


“Posisi menentukan prestasi”….Bukan maksud untuk mencari celah dari pengawas untuk berbuat curang namun perlu dipastikan bahwa posisi Anda benar-benar nyaman dan tidak ada sesuatu hal yang berpotensi menggangu jalannya tes.


Pastikan Anda mendapatkan tempat duduk yang cukup nyaman. Tempat duduk harus nyaman dan tidak boleh menjadi penghalang atau menganggu konsentrasi. Selain itu usahakan posisinya jangan terlalu dekat dengan AC atau terkena semprotan angin AC jika Anda memang tidak tahan dingin.

Siapkan semua alat tulis


Pastikan semua kebutuhan psikotes terutama alat tulis sudah lengkap Anda miliki. Jangan sampai ditengah-tengah sesi psikotest kamu kehabisan tinta pulpen atau ketinggalan penghapus dan lain sebagainya. Hal ini tentu menghambat tes yang sedang Anda kerjakan.

Jangan ragu untuk bertanya


Jika ada yang tidak dimengerti mengenai soal psikotes, jangan sungkan dan ragu untuk menanyakan kepada panitia pengawas. Diam bukan berarti emas. Pastikan semua soal dimengerti dengan jelas sehingga Anda juga tidak ragu-ragu dalam mengerjakan semua soal psikotes tersebut.

 


Jangan menyontek


Hilangkan semua kebiasaan ketika berada di sekolah dahulu. Menyotek hasil psikotes orang lain selain merugikan juga membohongi diri sendiri. Mengapa? Karena Anda tidak yakin terhadap kemampuan diri sendiri sampai-sampai harus mencontek hasil psikotes orang lain. Tidak perlu menyiapkan contekan dari rumah, karena belum tentu soal psikotes yang Anda punya sama dengan soal psikotes yang akan Anda hadapi.

 

On Time


Pastikan untuk menyelesaikan semua soal psikotes dalam jangka waktu yang ditentukan oleh panitia. Pejamkan mata, tarik nafas yang dalam, konsentrasi dan mulai mengerjakan semua soal. Mudah-mudahan dengan begitu semua soal bisa selesai tepat waktu tanpa ada masalah yang berarti.

 

RAHASIA ARTI POHON PSIKOTES


Dalam rangkaian suatu psikotes terdapat suatu jenis tes tentang menggambar pohon. Pohon apa yang kita gambar, tentu mencerminkan bagaimana kepribadian kita. Berikut ini saya akan mencoba berbagi tentang apa arti pohon yang Anda gambar tersebut. Analisa ini berdasarkan Peneliti Jonathan Rich, Ph.D

1.         Letak gambar pohon pada kertas

Di tengah
Anda praktis dan rendah hati. Sama seperti Anda yang memilih di bagian tengah, anda juga menerapkan pendekatan jalan tengah. Anda menangani masalah-masalah dengan sikap mengharapkan yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini anda siap dengan apapun yang terjadi.



Di bagian bawah
Anda lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan apakah anda merasa yakin atau pesimistik akan sebuah solusi, ini disebabkan bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatan hidup yang membumi.

Tinggi di atas
Anda melihat hikmah dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohon Anda, menunjukkan sikap Anda yang semakin tinggi dalam memandang hidup. Kendati pun hal-hal terjadi tidak seperti yang Anda inginkan, Anda memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran.

2.         Batang pohon seperti apa yang Anda gambar?

Lebar
Batang pohon melambangkan kekuatan emosional. Batang lebar berarti anda bisa tetap tenang dan tidak mudah marah. Anda pusat ketenangan di tengah badai. Pendirian anda juga kuat.

Ramping
Anda fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Anda juga sensitif dan banyak empati untuk masalah orang lain.

Pohon bercabang di puncak
Anda terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini.

3.         Berapa tinggi pohon anda?

Lebih dari setengah tinggi kertas
Menggambar pohon lebih tinggi menunjukkan hasrat untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Anda juga dermawan dalam soal uang dan dalam bekerja Anda seksama serta selau mengecek ulang untuk memastikan anda bekerja dengan baik.

Tinggi pohon kurang dari setengah tinggi kertas
Anda puas dengan hidup ini apa adanya.anda juga hemat dan sangat efisien.

4.         Pohon Anda terletak di mana?

Di tanah
Anda mendambakan rasa aman dan stabil. Anda menyukai kehidupan keluarga dan lebih suka pekerjaan di mana anda bisa bertahan bertahun-tahun.

Di pot
Anda sangat sibuk bekerja sepanjang waktu. Anda senang berpergian dan bertualang serta mengenal orang-orang baru dan tempat-tempat baru.

Di puncak gunung
Anda mendambakan perhatian dan senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah entertainer alamiah dan komunikator ulung yang membuat orang tertarik pada anda.

Melayang di awang-awang (tidak ada dasarnya)
Anda impulsif dan spontan. Anda sangat mudah menjadi senang jika sesuatu mengilhami anda.

Di pulau
Anda memerlukan banyak waktu untuk menyendiri untuk mengisi ulang energi anda, juga membantu anda untuk menemukan solusi dari masalah anda

5.         Apakah pohon anda mempunyai dahan?

Ya
Anda adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Dalam survei-survei, dahan-dahan digambar oleh orang yang logis dan analitis. Anda jarang kehilangan kesabaran karena anda terlalu sibuk memikirkan solusi rasional untuk semua masalah yang muncul.


Tidak
Jika anda hanya menggambar kerangka dasar pohon, berarti anda dikuasai oleh otak kanan yang intuitif. Anda mengikuti insting-insting Anda dalam segala sesuatu, mulai dari
menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru dan biasanya anda benar.

6.         Pohon Anda condong ke arah mana?

Ke kiri
Anda cenderung memendam apa yang anda pikirkan. Sikap anda konservatif (kuno) dan introvert (tertutup). Anda tidak menyukai adanya guncangan-guncangan yang menghambat perjalanan hidup . Apabila Anda tidak menyetujui sesuatu hal Anda akan menyimpannya untuk diri sendiri.

Ke kanan
Anda berorientasi pada aksi selain itu Anda cenderung untuk mengatakan apa yang Anda pikirkan kendati bertentangan dengan pandangan orang lain.

Lurus
Anda berada di tengah antara memendam perasaan-perasaan dan mengungkapkannya. Jadi anda cenderung memilih perang dengan diri anda. Anda akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk Anda.

7.         Apakah Anda menggambar akar?

Ya
Akar melambangkan keluarga dan sejarah, masa lalu penting bagi Anda. Anda menganggap sejarah itulah dasar dari siapa Anda saat ini dan dengan sejarah pula dapat membantu Anda memahami diri sendiri secara lebih baik. Anda menyukai tradisi keluarga, resep-resep yang diturunkan dari Ibu, juga pusaka/peninggalan dari keluarga anda.




Tidak
Anda fokus pada kehidupan masa depan. Anda cenderung bersifat mandiri dan senang menciptakan tradisi-tradisi baru. Anda juga belajar lebih banyak tentang diri Anda dengan merasakan situasi-situasi baru dan bertemu orang-orang baru.

8.         Apakah pohon Anda lebih didominasi daun (bagian daun lebih dominan) ?

Ya
Anda adalah seorang pemikir. Studi-studi yang dilakukan selama ini menunjukkan daun melambangkan pemikiran. Orang-orang yang menggambar daun adalah orang yang selalu memikirkan apa saja. Selain membuat Anda suka merenung dan introspeksi, sifat ini juga membuat Anda untuk mengambil keputusan dengan hati-hati, karena Anda cenderung melihat manfaat dari semua masalah.

Tidak
Anda cenderung untuk memandang dunia ini secara dikotonis yaitu hitam dan putih. Kurangnya daun berarti Anda tidak mudah tergoyahkan dengan warna lain dari suatu masalah. Anda tidak membuang waktu memusingkan solusi dari sebuah masalah. Anda lebih  memilih sebuah rencana aksi dan bergerak ke depan untuk sebuah kehidupan yang lebih baik.

9.         Apakan Anda menggambar yang lain selain pohon?

Buah / kacang pada pohon
Hal ini menunjukan bahwa yang membuat anda paling bahagia adalah melihat hasil pekerjaan yang dikerjakan dengan baik.

Rumput
Rumput menandakan rumah Anda terbuka bagi siapa saja yang datang dimana para tamu merasa disambut baik selain itu keluarga juga betah tinggal disana. Hal ini membuat Anda merasakan hidup paling damai.



Bunga di bawah pohon
Gambar bunga bertanda Anda memiliki sikap hidup positif yaitu kebhagiaan hidup yang Anda alami akan terasa lebihberarti apabila orang-orang disekitar Anda turut berbahagia.

Burung/hewan/ orang di sekitar pohon
Anda cinta pada keluarga dan teman-teman, dan itu adalah kebahagaiaan terbesar Anda.

Ayunan di pohon
Anda memiliki sikap hidup yang bahagia jika dapat meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

            Pertanyaannya sekarang adalah mana yang bagus untuk seorang pelamar dalam seleksi menjadi Prajurit TNI?......Saya sarankan jadilah diri sendiri seperti apa adanya, tanpa dibuat-buat/direkayasa karena tes ini merupakan cerminan pribadi Anda.

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Ps Frens komentarmu sangat berarti bagi kemajuan dan keselamatan Penerbangan Indonesia."shArE aND think IT diFFerent"

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More